Kamis, 01 Mei 2014

Kelahiran Ganda



Kelahiran Ganda

Kelahiran ganda (multiple birth) adalah kelahiran dua atau lebih individu pada satu masa kehamilan yang sama. Jika anak yang dihasilkan tiga disebut triplets, jika empat disebut quadruplets, dan jika lima disebut quintuplets. Kelahiran ganda yang umum terjadi adalah kembar dua (twins).
            Kembar dua terjadi jika ada dua individu di dalam uterus pada satu masa kehamilanyang sama. Ada dua jenis kelahiran kembar, yaitu kembar fraternal dan identik. Pada kelahiran fraternal, kembar yang lahir bisa berbeda kelamin. Pada kelahiran identik, kembar yang lahir memiliki jenis kelamin sama.
            Pada kembar fraternal, dua embrio berasal dari dua ovum yang dibuahi oleh dua sperma. Anak-anak kembar fraternal dapat terlihat mirip satu sama lain, tapi juga dapat terlihat sangat berbeda. Kembar identik berasal dari satu ovum yang dibuahi oleh satu sel sperma. Peleburan itu menghasilkan satu zigot, ynag kemudian membelah menjadi dua embrio. Kedua embrio tumbuh menjadi fetus pada rahim yang sam. Anak-anak kembar identik memiliki penampakan yang mirip, walaupun pada akhirnya akan terlihat berbeda karena pilihan gaya hidup masing-masing.
            Kembar siam terjadi jika zigot yang kembar identik gagal berpisah secara sempurna. Kebanyakan kasus kembar siam terjadi pada perempuan (70-75%).
(BBC 2000; Thibodeau 1999)
Sumber: Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI, penerbit Erlangga, penulis : D.A Pratiwi dkk. (ktsp2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar